Jumat, 28 Desember 2018

Cara Komplain Ke Sicepat Jikalau Barang Belum Hingga Terlalu Lama

Sebagai sorang penjual online di Tokopedia dan Bukalapak saya sudah sering menerima keluhan dari pembeli. "Gan barang saya kok belum sampai?"

Pertanyaan tersebut gotong royong kurang sempurna kalau diajukan ke penjual/pengirim. Karena sama-sama tidak tau, tapi biasanya penjual yang baik niscaya membantu.

SiCepat atau pihak ekspedisi yakni yang bertanggungjawab 100% atas pengiriman. Sehingga akan lebih efisien jikalau pribadi bekerjasama dengan SiCepat. Tanya ke penjual boleh-boleh aja sih untuk minta bantuan. 

Langkah Pertama Sebelum Komplain ke SiCepat


Pembeli atau calon akseptor barang sebaiknya cekresi dulu untuk mengetahui posisi barang. Biasanya kan dikasih no resi dari pengirim atau di sajian transaksi kalau beli barang di marketplace. Itu sanggup dipakai untuk pelacakan posisi barang.

Untuk cek resi sanggup di www.sicepat.com/cekresi atau di cekresi.com.

Berikut contoh hasil tracking SiCepat:


Dari hasil tracking resi tersebut sanggup diketahui posisi barang ada di mana..

2018-12-06 20:15     Paket telah di input (manifested) di Bandung [Ciateul]
2018-12-08 20:24     Paket telah di terima di Surabaya [Surabaya]

Masalah yang terjadi..
Pada tanggal 10 statusnya masih tetap tidak ada update, 4 hari barang belum hingga ke alamat tujuan. Padahal berdasarkan estimasi di web SiCepat, Bandung-Jember hanya 1-2 hari.

Jika dirasa ada masalah, mandeg, terlambat, sudah melebihi waktu estimasi pengiriman tapi barang belum sampai, dll.. Silahkan komplain ke SiCepat, bukan komplain ke penjual/pengirim. Karena duduk kasus pengiriman ke alamat tujuan 100% tanggung jawab SiCepat.

4 Cara Komplain Ke SiCepat


  1. Melalui email: cs@sicepat.com
    Komplain melalui email sangat disarankan sebab paling murah, hanya modal quota, sanggup dibilang gratis.

     


    Isi email komplain yang harus/wajib disertakan:

    - Minta tolong untuk di cek no resi. Kaprikornus wajib sertakan no resi.
    - Sertakan nama penerima, alamat lengkap penerima, no hp penerima.
    - Jika Anda sebagai pengirim, sertakan juga nama dan no hp pengirim
    - Sertakan ciri-ciri barang untuk memudahkan pencarian (misal: paket di pack kardus ukuran...)
    - Sertakan foto resi (optional)

    Contoh:

    Halo SiCepat,

    Mohon cek resi 000130378816,
    Keluhan: barang belum hingga sudah seminggu (atau sebutkan berapa hari),
    Service: SiCepat (REG/BEST),
    Packing: Kardus coklat ukuran sekitar 15x20x5cm

    Alamat penerima:
    Nama: (isi nama anda sesuai di resi)
    Alamat: (isi alamat lengkap sesuai di resi)
    No HP/Tlp: (isi no tlp sesuai resi yg sanggup dihubungi)

    Pengirim (optional):
    Nama:
    No HP:

    Terimakasih.
    (nama Anda)

    *email biasanya akan dibalas dalam waktu 1-2 jam atau maksimal 24 jam. Isi emailnya biasanya gosip bahwa telah dibentuk laporan untuk pemeriksaan ke serpihan terkait. Apabila tidak ada jawaban lebih dari 1 hari, silahkan coba cara lain.
    .
  2. Melalui LineSiCepat juga sanggup dihubungi melalui aplikasi Line dengan username @sicepat, saya sendiri belum pernah nyoba sebab tidak diinstal aplikasi Line, soalnya cukup menggangu sebab banyak iklannya.
    .
  3. Melalui Telepon

    Melalui telpon mungkin kena pulsa, jadi siapkanlah saldo pulsa yang cukup banyak.

    Hotline Sicepat: (021) 2933 7086

    *Siapkan data. Biasanya nanti ditanyakan data Nama Anda, sebagai penerima/pengirim, Alamat tujuan, no tlp/HP, isi barang, ciri-ciri packing. Hal ini biasanya untuk verifikasi.
    .
  4. Datang ke SiCepat Cabang

    Pastikan sudah cek resi dan tahu posisi barang ada di mana! Kalau sudah ada di kota tujuan/kota Anda. Silahkan tiba ke SiCepat cabang/perwakilan di kota Anda. Daftar cabang ada di situs Sicepat.com.

    *Membutuhkan waktu, tenaga dan ongkos jalan. Kaprikornus ini pilihan terakhir kalau sudah mentok. Jangan lupa bawa no resi dan KTP sesuai di resi, atau surat kuasa jikalau diwakili.

Kapan Minta Bantuan Penjual/Pengirim


Agar lebih bijak, Anda sanggup meminta derma penjual/pengirim ketika barang mentok di kota Asal. Sedangkan jikalau sudah di kota tujuan akan lebih efektif jikalau si calon akseptor barang yang tau situasi dan kondisi alamat tujuan dan pihak SiCepat yang tau posisi barang sudah hingga mana.

Seringkali pembeli bertanya ke penjual.. "Gan pesanan saya kok belum sampe-sampe?" Kira-kira yang lebih tau penjual atau pihak SiCepat? Jelas pihak SiCepat sebab pengiriman ke alamat tujuan 100% kiprah SiCepat.

Tips Menghindari Masalah Dengan SiCepat


Tidak mau bermasalah dengan kiriman Anda? Hindari dengan tips berikut:
  • Packing barang jangan terlalu kecil. Ini untuk menghindari kehilangan keselap-selip ketumpuk dsb. Karena paket di gudang Ekspedisi numpuk ribuan.
  • Alamat super lengkap. RT/RW no rumah kelurahan, kecamatan jangan hingga tertinggal. Dianjurakan juga pake keterangan patokan.
  • Jike memakai alamat kantor, perhatikan jam buka kantor dan pastikan kantor ada satpam yang berjaga hingga malam. Karena sering terjadi juga kurir gres tiba diluar jam kantor.

    Contoh penggunaan alamat lengkap:
    Jl. Jambu gg Ranting 2 no 202 RT. 5/3 kel. ... kec. ... (blk Hotel ..., samping masjid..., rumah cat jingga. Klo tidak ada orang titip ke satpam)

    Hal ini untuk memudahkan kurir menemukan alamat, sebab kurir kirim puluhan paket dan dikejar target, jangan anggap sepele, kurir kadang skip jikalau alamat tidak ditemukan dan memperlihatkan alasan yang gak jelas. Tapi kurir SiCepat biasanya cukup baik, masih suka SMS atau telpon jikalau ada duduk kasus pengiriman gak ibarat JNE.

    Berikut referensi masalah alamat tidak lengkap (Ekspedisi JNE):


Baca Juga: JNE vs J&T vs SiCepat, mana yang paling cepat hingga tujuan?

Kesimpulan


  • Pembeli/Calon Penerima: sertakan alamat super lengkap disertai patokan untuk memudahkan kurir mengirim barang.
  • Penjual/Pengirim: Packing kondusif dan jangan terlalu kecil. Kirim secepatnya ke pihak ekspedisi (SiCepat)
  • Jika ada duduk kasus pengiriman pembeli track dulu no resi di situs jne, cek barang sudah hingga mana. Jika sudah di kota pembeli silahkan pribadi bekerjasama dengan SiCepat via email/line/telp/datang ke SiCepat cabang di kota tsb., sedangkan jikalau terkendala di kota asal gres deh minta derma penjual/pengirim. Itu lebih efisien dan bijak.
  • Perlu diperhatika juga pengiriman terlambat biasa terjadi saat overload terutama pada waktu libur lebaran, natal dan tahun baru.
  • Be smart!

Demikian kira-kira cara complain ke SiCepat jikalau barang belum hingga atau terlambat. Tetap hening dan jalankan prosedurnya. Kegagalan pengiriman banyak faktor yang menyebabkannya, niscaya saja ada satu dua duduk kasus dari ratusan atau ribuan paket yang diproses. Yang penting lakukan kolaborasi yang baik dengan pihak ekspedisi dan pihak pengirim.

16 komentar:

  1. Mohon bantuannya No resi 000361086636 agar brg segera sampai.Udah 4hari tak kunjung dtg.Saya buru" krn udah mo pindah kota lain.Makasih.

    BalasHapus
  2. Resi 000258105255 pengiriman dari tgl 15_20 oktober status pengirimanya masih dibatam belum sampai jakarta apalagi cilegon,biasanya tidak selambat ini dan biasanya barang sampai 3_5 hari, mohon infonya terimakasih

    BalasHapus
  3. Jangan pake sicepat! Penipuan resi 000283059002 status sudah diterima tapi kenyataan nya belum!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu lnjutannya gmn kak? Saya jg sprti itu

      Hapus
    2. Sama, dengan gampangnya paket dikasih ke orang yang bukan penerima sebenarnya, udah gitu reponse sicepat ini sangat lambat, tidak langsung menindaklanjuti, cs nya pun tiap ditelpon cuma buat-buat alesan aja tanpa informasi yg jelas, serta antara cs satu dengan yang lainnya berbeda informasi, proses pengaduan seperti dipermainkan oleh sicepat, sistem/kurir/CS sangat BOBROK, NYESEL pake sicepat ini, bukan sicepat antar barang malah sicepat hilangkan barang!!!!!!

      Hapus
  4. Assalamualaikum, mana ya paketan saya kok belom sampek juga, sudah berapa hari tidak ada panggilan??? Datang pun tidak paket saya.. mohon kejujuran nya kalo mau cari rezki.. jangan sampai Allah murka atas perbuatan ketidakjujuran kalian.. mohon kepastian nya saya tunggu respon anda

    BalasHapus
  5. Paketan saya dimana ya.. sudah 7hari sampe sekarang belum ada tanda apa-apa. Tolong dong lebih diperbaiki lagi kinerja nya. Buat apa digaji kalau paketan tidak sampai ditangan pemilik paketan.

    BalasHapus
  6. Mhn di tindak lanjuti pesenan barang pia s Cepat tgl pengiriman 21 Oktober 2019 sampai saat ini blm juga sampai.terimakasih

    BalasHapus
  7. Gan paket sy knpa blm d,kirim sdh 4hari menunggu ini,paketx tdk kunjung datang, dikirim dari tgl 10 desember sampai sekrng blm ad informasix,no,resi 000402004402,katax ini sicepat ko,lambat pengirimanx,kalau kerja yg sportif jangan bikin lama pembeli menunggu,

    BalasHapus
  8. malem pak/buk. tolong dong ditegur kurirnya daerah bangkalan. barang tdk pernah nyampek rumah. slalu dititipkan org lain tanpa konfirmasi. dan org yg dititipkan juga tanpa konfirmasi sehingga paketan sampai rusak. trima kasih

    BalasHapus
  9. Halo si cepat..sy di duri riau..saya cek di google..jam 5 sore kata nya paket udh di pekanbaru..jam 9 malam paket in jakarta.. Paket nya di balikin lg ke pengirim atau di bawa roun dulu yah ?? Ono opo iki.. Lali

    BalasHapus
  10. Paket saya no resi 000408897690 sampai saat ini barang sudah satu bulan lebih belum sampai ke saya dgn alasan hilang oleh kurir mhn penjelasannya.
    Saya sanagat KEVEWQ dgn Sicepat...

    BalasHapus
  11. paketan saya lom sampe juga,gimana nih,resi saya 000550481936 pengiriman k rengas dengklok krawang,mohon dtinjau kembali paketan saya

    BalasHapus
  12. resi 000550481936 d cek masih muter"djakarta aj gmn,kapan sampe nya

    BalasHapus
  13. No Resi 000418407859, Kurir : Arief Santoso, dengan gampangnya paket dikasih ke orang yang bukan penerima sebenarnya, udah gitu reponse sicepat ini sangat lambat, tidak langsung menindaklanjuti, cs nya pun tiap ditelpon cuma buat-buat alesan aja tanpa informasi yg jelas, serta antara cs satu dengan yang lainnya berbeda informasi, proses pengaduan seperti dipermainkan oleh sicepat, sistem/kurir/CS sangat BOBROK, NYESEL pake sicepat ini, bukan sicepat antar barang malah sicepat hilangkan barang!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. No resi 000775909711
      Gimana nihh paket saya dimana nyungseb nyaa lama amat, namanya aja yamgbsi cepat tapi krnyataan nya lemot lambat banget kaya kura kura.. Udah bberapa hari paket saya belum nyampe dan di cek resi masoh di situ situ aja.. Yang bener dong kalo kerja..jadi nyesel pake si cepat :(

      Hapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com